Cara Mengatasi Genangan Air di Taman dengan Geopipe

Genangan air di permukaan tanah

Genangan air yang timbul akibat turunnya hujan dan membuat permukaan tanah atau taman tergenang seringkali membuat jengkel bagi pemilik rumah atau sebuat bangunan, apalagi jika hujan deras turun secara terus menerus dan menyebabkan banjir akibat taman tidak memiliki sistem drainase yang baik.

Umumnya sebagian orang mengatasi hal tersebut dengan pembuatan sistem biopori dengan membuat lubang sumur resapan di beberapa titik, tapi tentunya hal tersebut tidak akan efektif karena sumur resapan tidak memiliki daya tampung yang besar apalagi untuk sistem biopori yang dibangun di dalam rumah tinggal.

Kali ini kami akan membahas metode lain yang sudah terkenal sejak pertama kali dibuat oleh seorang ahli agrikultur berkebangsaan Amerika Henry F. French pada tahun 1859.


Sistem French Drain merupakan sistem drainase yang mengandalkan pipa bergelombang dan berlubang dengan bahan HDPE atau yang biasa disebut geopipe atau pipa hdpe corrugated perforated ditimbun dengan material agregat dan dibungkus dengan material non woven geotextile sebagai separator atau pemisah agar material tanah dan lainnya tidak bisa masuk kedalam pipa. Sistem ini sudah sangat lazim digunakan di rumah tinggal di Negara Amerika dan Eropa dengan rata - rata halaman yang luas pada setiap rumah tinggal disana.



Dengan menggunakan pipa hdpe corrugated perforated berukuran diameter 4" ditimbun didalam tanah sedalam 10cm dengan agregat berukuran 20mm, pipa ini sangat mudah dipasang oleh siapa saja meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya.

Selain untuk taman, pipa jenis ini juga menjadi wajib digunakan pada lapangan sepak bola sebagai sistem resapan air hujan seperti ditunjukan pada gambar dibawah :






Untuk informasi lebih lanjut hubungi Indogeogrid Angga 081243237073 atau (021) 29430762

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pipa Perforasi

Pipa Perforated

Pipa Resapan Lapangan Sepakbola